Saturday, July 24, 2010

Gunung Api Dibawah Laut


aktifitas gunung bawah laut yang akan meletus karena aktifitas gunung tersebut pada yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2009 yang terjadi di dekat Hunga Tonga yang berjarak 11 kilo meter dari ibukota Tonga. Gunung ini termasuk dalam cincin vulkanik pasifik (Pasifik Ring of Fire ). Kira kira ada 36 buah gunung bawah laut yang berada di daerah tersebut.

Pada tanggal 16-17 maret letusannya mulai mengeluarkan asap dan abu yang mencapai 20 kilometer ke atmosfer (widilih). dan dikabarkan bahwa lava sudah keluar dari perairan namun belum mengenai warga sekitar dan team inspeksi dikirim untuk meneliti aktifitas gunung berapi tersebut.


Antara 18 – 20 maret , banyak Letusan Surtseyan (letusan gunung yang bertempat di laut ) mengeluarkan abu setinggi 4 kilometer sampai 5.2 kilometer ke atas atmosfer dan ditiup oleh angin sehauh 480 kilometer kearah timur laut menjauhi lokasi letusan dan menyebar.


Letusan Surtseyan :

Pada 20 maret wedus gembel diukur sudah mencapai ketinggian 1.8 kilometer namun pada 21 maret sebuah letusan mengeluarkan abu dan wedus gembel yang menvapau ketinggian 0.8 kilo meter ke langit dan magmanya membentuk daratan baru yang luasnya ratusan meter. Letusannya menghancurkan Hunga Ha’ apa, menututpinya dengan abu hitam dan menghancurkan flora dan fauna yang berada di daerah tersebut . Kemudian empat hari setelah aktifitas gunung berapi tadi disusul oleh gempa berkekuatan 7.6 skala richter. dan diperkirakan sebagai gempa yang ditimbulkan aktifitas gunung berapi ini dan membuat gunung berapi bawah laut ini retak dan mengeluarkan magma yang sangat banyak.

Vidio Gunung Api Dibawah Laut :

No comments:

Post a Comment